Senin, 15 November 2010

H1


Akhirnya hari ini saya tau penyebab kelabilan saya yang terjadi belakangan ini.
Itu semua ternyata karena saya mau dapet tamu bulanan, emang udah tanggalnya sih.
Padahal hari ini niatnya puasa arafah, eh apa daya nggak kesampean.
Dengan begitu berarti pula saya nggak ikut shalat ied pas idul adha nanti.
Bener-bener nggak kerasa lebaran deh, udah gak mudik, gak sholat, gak makan daging pula.
Huks, kasian ya..

Seharian ini sangat sangatlah tidak jelas.
Saya berangkat kuliah dengan separuh hati karena hati saya yang separuh masih tertambat pada kasur di kostan.
Jadi isinya saya cuma bengong di kuliah abnormal.
Saya mengalami:
1. Kehilangan minat pada aktivitas sosial (baca: mengikuti kuliah dan mendengarkan dosen)
2.Meningkatnya kesulitan dalam memenuhi tanggung jawab/tuntutan hidup sehari-hari (saya jadi susah pipis dan males ngomong hari ini).
Dan dosen saya bilang kedua ciri tersebut adalah fase prodromal, awal dari gangguan skizofrenia.
Astagaaa...saya jadi curiga saya menderita skizofren.
Apalagi seharian ini saya mengalami halusinasi melihat kasur dimana-mana --".

Untung pas kuliah selanjutnya ada pemandangan bagus, jadi saya bisa bertahan melewati hari itu dengan penuh perjuangan. Meskipun otak masih tidak sinkron sejalan dengan situasi, setidaknya saya agak 'ngerti' apa yang mas-mas itu presentasikan. Salah sendiri ganteng. Haha..

Sepulangnya saya terseok-seok (nggak juga sih) pulang ke kostan.
Rasanya udah nggak enak banget. Lemes kayak kehabisan darah.
Sampai kostan langsung terkapar di kasur guling-guling gak jelas.
Memang nasib wanita, sakit perut, kram, pegel-pegel.
Saya jadi iri sama temen-temen saya yang sama sekali nggak sakit waktu dapet tamu bulanan.
Enaknyaaaa~

Saya maunya langsung tidur, tapi nggak bisa.
Akhirnya saya ngemil kripik pisang coklat, buat bikin rileks, tapi nggak ngaruh juga.
Saya bolak-balik ke kamar mandi dan muntah-muntah, pusing, mual tiap ada bau makanan.
Sebenernya hamil atau dapet sih, saya juga bingung.
Saya paksain merem dan berhasil, saya tidur.
Dan baru bangun jam delapan (buset).
Sungguh indah tidur dari jam dua siang sampai malem begini.

Tapi efeknya saya jadi mengalami disorientasi waktu.
Begitu bangun saya kelabakan liat jam, mengira saya terlambat kuliah. Kemudian ibu saya menelepon dan menyadarkan saya yang (masih juga) labil ini.
Saya pengen melanjutkan tidur lagi tapi kemudian sadar perut saya bunyi krucuk-krucuk.
Ibu saya juga nanya udah makan belum. Saya bilang belum.
Ibu sampe curiga duit saya udah abis karena saya belum makan. Harusnya saya bilang aja iya biar dikirimi duit lagi. Tapi berhubung saya anak baik hati dan tidak suka berbohong, maka saya jujur aja: lagi mual-mual.
Setelah saya pikir lagi, jawaban kayak gitu justru akan menambah kecurigaan.
Jangan-jangan saya hamil....uwoooo~

PS: Saya nggak hamil, cuma mengalami dysmennorhoea
Definisi
Dysmenorrhoea adalah istilah medis untuk nyeri pada saat menstruasi. Nyeri ini biasanya terasa seperti denyutan atau kejang pada daerah di bawah area perut. Pada beberapa wanita, nyeri ini biasanya hanya terjadi sebelum atau saat menstruasi. Tetapi pada wanita lainnya dapat menjadi cukup parah untuk mempengaruhi aktivitas harian selama beberapa hari setiap bulan.


Gejala
Dysmenorrhoea memiliki tanda dan gejala antara lain :

• Rasa seperti berdenyut dan kejang pada daerah di bawah area perut
• Nyeri yang menyebar ke punggung bagian bawah dan paha

Beberapa wanita juga mengalami :

• Mual dan muntah
• Berkeringat
• Pusing

Penyebab
Pada saat menstruasi uterus berkontraksi untuk membantu mengeluarkan darah kotor. Prostaglandins yang diproduksi oleh tubuh yang menyebabkan rasa nyeri dan peradangan, memicu otot rahim berkontraksi. Kadar prostaglandins yang tinggi menyebabkan nyeri yang lebih parah. Banyak ahli percaya nyeri pada kontraksi ini dikarenakan penyempitan pembuluh darah yang menuju uterus.
Dysmenorrhoea juga dapat disebabkan oleh:
• Endometriosis. Adalah suatu penyakit di mana bercak-bercak jaringan endometrium tumbuh di luar rahim, padahal dalam keadaan normal endometrium hanya ditemukan di dalam lapisan rahim. Biasanya endometriosis terbatas pada lapisan rongga perut atau permukaan organ perut.

• Uterine fibroids. Ini adalah tumor junak yang tumbuh di dinding uterus dan menimbulkan nyeri.

• Adenomyosis. Kondisi dimana jaringan yang ada pada uterus tumbuh ke dinding otot uterus.

• Pelvic inflammatory disease (PID). Infeksi pada organ reproduksi wanita yang biasanya disebabkan oleh bakteri.

• Cervical stenosis. Pada beberapa wanita, pembukaan leher rahim mungkin sangat kecil sehingga menghambat aliran menstruasi dan menyebabkan nyeri akibat tekanan pada uterus.

sumber: KOMPAS

*aduh, saya jadi agak takut setelah baca postingan itu, semoga ini cuma sakit biasa. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar