Minggu, 27 Juni 2010

menunggu maghrib

Saya suka baca puisi. Tapi saya nggak bisa bikin puisi. Tiap kali saya mikir mau nulis kalimat apa, tiba-tiba aja udah adzan maghrib. Dan kertas saya masih kosong. Cuma ngelamun aja, mikirin hal-hal lain yang nggak penting.

Ngomong-ngomong, saya ngetik tulisan ini dengan masih liat keyboard. Soalnya saya nggak apal letak huruf-hurufnya. Kok bisa ya ada orang yang ngetik tanpa liat keyboard sama sekali, bahkan ngetik sambil jogging. Udah berapa taun ya mereka pegang komputer sampai segitu hafalnya? Kapan ya saya bisa ngetik sambil handstand?

Kembali ke masalah puisi.
Kadang-kadang kalo pas saya lagi berlagak mellow, saya pengen bikin curhatan yang kayak orang dewasa di majalah itu. Yang pake kata-kata: duhai kekasihku/rembulanku/matahariku. Tapi mikirin tentang rembulan, saya jadi ingat gerhana bulan separuh semalam. Cantik banget. Jelas nggak ya kalo saya liat dari balkon kostan saya? Nah, nggak jadi deh bikin puisinya.
Ada temen saya yang sangat berbakat nulis. Kalimatnya bagus, mengalir lancar, dan nggak ngelantur. Dia canggih banget nyusun kata-kata yang oke dan mengena. Kalo baca tulisan dia, trus liat diary saya sendiri, saya merasa sangat hina. Haha.

Saya nggak suka bikin puisi tapi saya cukup suka nulis. Nulis catatan kuliah, daftar utang, daftar belanja, menulis indah, menulis halus, macem-macem deh. Kalo lagi ngelamun, saya suka corat-coret sendiri. Trus kertas saya penuh dengan gambar pelangi, matahari, kucing, bintang, bulan, dan tulisan-tulisan semacam: aku bosan, aku ngantuk, dan lain-lain. Saya kadang suka heran sama pikiran saya sendiri. Menit pertama mikirin apel, menit kelima sudah beralih ke upil. Darimana jalannya? Apa karena apel dan upil hampir sama bentuknya? Nggak mungkin.
Makanya saya pengen mencoba menuliskan semua yang ada di pikiran saya.
Kalau vulgar gimana?
Hapus.
Gak jujur dong?
Gak papa, daripada saya ditangkap kayak ariel luna cut tari. No way dong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar