Rabu, 29 September 2010

Deklarasi

Rabu, 29 September 2010

15 Hal yang (Tidak) Harus Kamu Tahu Tentang "Saya":




1. Saya benci menjadi kelinci yang selalu takut-takut memandang ke atas, ke langit, dan berlari tiap ada sedikit bayangan kecil. Yang dia kira elang.
Saya ingin memandang langit dengan bebas, tanpa takut. Berlari. Atau mengepak?
Apa saya harus jadi elang untuk itu?

2. Saya pernah berjanji ke diri saya sendiri untuk menuliskan sesuatu hal baik tentang orang lain lakukan ke saya, supaya suatu saat saya bisa membalasnya.
Tetapi ternyata saya tidak sanggup, banyak sekali.
Mungkin saya butuh kitab yang tebal, saking banyaknya yang harus saya tulis.

3. Saya suka mengamati orang. Dari cara jalan, cara berpakaian, cara berbicara. Menakjubkan sekali ya orang-orang itu. Mungkin bisa diadakan penelitian mengenai sifat-sifat orang dengan cara observasi saja. Suruh ayam mengobservasi, dan mereka akan menulis: Kreatif kali orang-orang tu, kaum awak dibuat bermacam-macam lauk di warung (ayamnya dari Malaysia).
Tapi carilah ayam yang obyektif, jangan ayam yang pilih kasih. Nanti dia cuma tulis yang baik-baik tentang majikannya. Nggak valid.

4. Saya suka sekali bermimpi. Mimpi saya akhir-akhir ini kayak labirin. Kadang saya terbangun di mimpi yang lain. Sampai-sampai pas bangun betulan saya bingung, ini mimpi atau bukan. Saya siapa hari ini? Saya? Aku? Kamu? Atau kupu-kupu?

5. Saya profesional dalam berteman. Saya pernah punya bermacam-macam teman. Saya tahu bahwa saya harus menjauh dari teman yang suka menjelek-jelekkan orang lain karena suatu saat pasti dia akan menjelek-jelekkan saya di depan orang lain. Yah, bukannya ada yang bisa dijelek-jelekkan dari saya sih. Haha.

6. Saya tidak tahu siapa yang benar-benar mengenal saya sendiri. Bahkan diri saya pun tidak. Tiap hari saya belajar hal baru mengenai diri saya sendiri. Saya baru tahu saya begini, bahwa saya begitu. Mencoba dan menguji. Lalu direparasi. Kayak mesin.

7. Saya suka sekali quote "A secret makes a woman, woman". Makanya saya suka heran sama orang yang hobi sekali mengumbar setiap detik kegiatan atau perasaannya di jejaring sosial. Atau hobi sekali curhat mengenai setiap detik dan detail kehidupannya. Saya pikir: Wah, mereka kayak buku yang bisa dibaca tiap lembarnya, pake kaca pembesar pula. Jelas, sampai kita bisa kenal dia luar dalam cuma dari facebook/twitter/apalah itu namanya.

8. Saya sangat menyukai kata "misterius". Kelihatan keren. Membuat penasaran. Inilah kenapa saya ingin sekali jadi mata-mata dan hobi saya nonton Spy Kids.

9. Saya masih 19 tahun saat saya menulis ini. Saya nggak mau buru-buru 20. Kepala dua. Makanya saya ingin menikmati saat-saat usia remaja yang membahagiakan ini. Saya suka menjadi yang termuda di antara teman-teman saya. Jangan lupa ya, sembilan-belas, belum dua-puluh. I'm not a girl, yet a woman.

10. Saya suka membuat orang lain merasa spesial. Siapa sih yang tidak suka di-spesial-kan? Cukup dengan hal-hal kecil saja kamu sudah bisa membuat orang lain merasa spesial. Tersenyumlah dan sapa saat bertemu. Ucapkan "selamat" di hari bahagianya. Bagi bingkisan kecil saat dia ulang tahun. Lupakan hutang-hutang kecil. Dengarkan ceritanya. Ingat hal-hal tentangnya. Mudah bukan?

11. Saya sedih kalau saya tidak peka. Sayangnya ini sering sekali terjadi. Saya sering menjadi orang yang terakhir tahu mengenai kabar teman-teman saya. Tentang suatu peristiwa. Saya terkadang lupa dan ceroboh. Membuat saya menyesal karena saya tidak tahu lebih awal. Kan saya bisa membantu kalau tahu. Kan saya bisa berusaha. Kan...(tapi telat, huks huks).

12. Saya tidak manja. Sungguh saya berusaha untuk tidak manja. Tolong jangan bilang saya manja. Sebagai anak sulung yang punya tiga adik saya tidak boleh manja.

13. Saya menyukai saat namamu muncul di layar ponsel saya. Sadarkah kamu saya tak butuh waktu lama untuk membalas pesanmu?

14. Saya mencintai bulan yang indah. Saya bercita-cita tidur di atap kostan. Sudah pernah sih, tapi cuma sebentar. Sekarang mungkin udah nggak bisa karena langitnya tertutup gedung apartemen yang baru dibangun itu.

15. Saya suka rangkaian kata-kata. Saya suka menulis sms. Saya suka merangkai huruf.
Abcdefghijklmnopqrstuvwxyz...abc lagi
Dari 26 huruf saja sudah bisa terciptakan banyak kata dan makna yang menakjubkan.
Kalau saya jadi huruf, saya mau jadi huruf Z.
Z yang ada dua di nama saya.
Z yang jarang dipakai.
Zzzzz yang berarti tidur. Saya suka tidur. Suka suka suka sekali sampai sekarang saya mau tidur saja.

1 komentar:

  1. cuma arep nyentang (tekgoleti centangane ora ana sih)
    very very interesting!

    BalasHapus